Minggu, 08 Januari 2012

8. Konsep Nilai Waktu dari Uang


Nilai yang akan datang
Nilai akan datang ( future value ) : nilai uang diwaktu akan datang dari sejumlah uang saat ini atau serangkaian pembayaran yang dievaluasi pada tingkat bunga yang berlaku. Dirumuskan sebagai berikut :
Future value = Mo (1+i)n
Mo = Modal awal
i = bunga pertahun
n = jangka waktu dana dibungakan

Nilai sekarang
Nilai sekarang ( present value ) : nilai saat ini dari jumlah uang di masa datang atau serangkaian pembayaran yang dinilai pada tingkat bunga yang ditentukan. Dirumuskan sebagai berikut :
Pvo = Po = FVn / ( 1 + i ) n    atau  Po  = FVn [1/(1 + i)n]

Anuitas
Anuitas :  suatu rangkaian pembayaran uang dalam jumlah yang sama yang terjadi dalam periode waktu tertentu. Ada dua jenis anuitas:
1.      Anuitas biasa (ordinary) adalah anuitas yang pembayaran atau penerimaannya terjadi pada akhir periode, serta
2.      Anuitas jatuh tempo (due) adalah anuitas yang pembayaran atau penerimaannya dilakukan di awal periode.
Annuitas terhutang

Anuitas terhutang adalah anuitas yang pembayarannya dilakukan pada setiap awal interval. Awal interval pertama merupakan perhitungan bunga yang pertama dan awal interval kedua merupakan perhitungan bunga kedua dan seterusnya.

Rumus dasar future value anuitas terhutang adalah :

FVn = PMT ( FVIFAi,n ) ( 1 + i )

Rumus dasar present value anuitas terhutang adalah :

PVn = PMT ( PVIFAi,n ) ( 1 + i )

sumber : http://imadeadyanta.blogspot.com/2010/11/materi-7-14-materi-8-tentang-konsep_18.html
Nilai sekarang anuitas

Nilai Kini Anuitas
Sebuah anuitas adalah serangkaian pembayaran atau tanda terima yang sama terjadi pada interval berjarak secara merata. Sewa dan pembayaran sewa adalah contoh atau. Pembayaran Penerimaan terjadi pada akhir setiap periode untuk anuitas biasa sementara mereka terjadi pada setiap awal period.for anuitas jatuh tempo.

Present Value dari Anuitas Biasa
 Present Value dari Anuitas Biasa (PVoa) adalah nilai dari sebuah aliran dijanjikan pembayaran atau diharapkan yang telah didiskontokan untuk setara nilai tunggal hari ini. Hal ini sangat berguna untuk membandingkan dua arus kas terpisah yang berbeda dalam beberapa cara. PV-oa juga dapat dianggap sebagai jumlah yang Anda harus berinvestasi hari ini pada tingkat bunga tertentu sehingga ketika Anda menarik jumlah yang sama setiap periode, pokok asli dan semua akumulasi bunga akan benar-benar habis pada akhir anuitas tersebut. Present Nilai dari Anuitas Biasa bisa diselesaikan dengan menghitung nilai sekarang dari setiap pembayaran dalam seri menggunakan rumus nilai sekarang dan kemudian menjumlahkan hasilnya. Sebuah formula yang lebih langsung adalah:
PVoa PMT = [(1 - (1 / (1 + i) n)) / i]
Dimana:
PVoa Nilai      = kini dari Anuitas Biasa
PMT                = Jumlah setiap pembayaran
i                       = Tingkat Diskonto Per Periode
n                      = Jumlah Periode
Present Value dari Anuitas Karena (PVad)
Nilai kini dari sebuah Karena Anuitas adalah identik dengan sebuah anuitas biasa kecuali bahwa setiap pembayaran terjadi pada awal periode daripada di akhir. Karena setiap pembayaran terjadi satu periode sebelumnya, kita dapat menghitung nilai sekarang dari anuitas biasa dan kemudian kalikan hasilnya dengan (1 + i).
PVad = PVoa (1 + i)
Dimana:
PV-iklan = Nilai kini dari Anuitas Karena
PV-oa Nilai = kini dari Anuitas Biasa
i = Tingkat Diskonto Per Periode

sumber : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.getobjects.com/Components/Finance/TVM/pva.html
 Nilai sekarang dari anuitas terhutang

Nilai sekarang dari anuitas terhutang berguna untuk mengukur setiap pembayaran yang maju satu periode atau pembayaran pada awal tahun dengan menggunakan formulasi :

An (Anuitas Terhutang) = PMT ( PVIFAk,n ) ( 1 + k )

sumber : http://imadeadyanta.blogspot.com/2010/11/materi-7-14-materi-8-tentang-konsep_18.html
Anuitas abadi

Anuitas abadi adalah serangkaian pembayaran yang sama jumlahnya dan diharapkan akan berlangsung terus menerus.

PV ( anuitas abadi ) = pembayaran / Tingakat suku bunga = PMT / i

* Nilai sekarang dan seri pembayaran yang tidak rata
* Periode kemajemukan tengah tahunan yang tidak rata
Bunga majemuk tahunan adalah proses aritmatika untuk menentukan nilai akhir dari arus khas atau serangkaian arus kas apabila suku bunga ditambahkan satu kali dalam setahun. Sedangkan bunga majemuk setengah tahunan adalah proses aritmatika untuk menentukan nilai akhir dari arus khas atau serangkaian arus kas apabila suku bunga ditambahkan dua kali dalam setahun.

Amortisasi pinjaman
Salah satu penerapan penting dari bunga majemuk adalah pinjaman yang dibayarkan secara dicicil selama waktu tertentu. Termasuk didalamnya adalah kredit mobil , kredit kepemilikan rumah , kredit pendidikan , dan pinjaman - pinjaman bisnis lainnya selain pinjaman jangka waktu sangat pendek dan obligasi jangka panjang. Jika suatu pinjaman akan dibayarkan dalam periode yang sama panjangnya ( bulanan , kuartalan , atau tahunan ) , maka pinjaman ini disebut juga sebagai pinjaman yang diamortisasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar